Kembali ke SpOg, lagi..

1 November 2011....

Setelah vakum setahunan ga ketemuan dengan dokter kandungan, mendadak Senin petang, 31 Oktober saya dan si-bapak resmi jadi pasien program kehamilan. Di posting sebelumnya kan sempat saya tulis, akan mulai serius lagi taon depan. Entah mengapppaaaaaa, Senin paginya = hari kedua haid, dalam perjalanan ke kantor saya jadi kepikiran kenapa gak secepat mungkin ke dokter lagi. Apalagi seperti yang saya baca-baca dan pernah saya alami, kalo ke SpOg itu pas hari kedua-kita akan diresepkan untuk pematangan sel telur. Saya juga udah pernah cerita, untuk obat semacam itu saya udah pernah mencoba 2 x di SpOg yang berbeda. Eh, saya jadi berani ke dokter lagi ini karena termotivasi dengan postingan mbak @zoothera (the dots of my life) yang bikin saya terharu & menitikkan air mata. Cerita saya di bawah ini tentu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan mbak anis.

Untuk program kali ini, saya milih di RSU Manuaba-Denpasar, ofkors .Taon lalu waktu saya cek darah thypus di lab-nya, sama dokter yang menangani saya direkomen untuk mencoba di RS-nya itu. Yap, well noted. Lagipula tempatnya dekat dengan rumah kontrakan kami. Singkatnya, sampe di kantor saya langsung nelpon ke RS tersebut untuk booking nomor antrian. dapet no-13. Daaaaaaaaaaaaaan, dokternya perempuan, alhamdulillah jadi ga malu kalo buka-bukaan, looh !.

Sebenarnya tidak hanya praktek sore, di RS Manuaba juga ada praktek SpOG pagi. Tapi pagi mana sempat. Abis nelpon RS, gantian saya nelpon si-bapak memberitaukan untuk siap anter sorenya cek ke dokter. Dari sebeerang telpon, suara my suami lempeng aja tuh, hihihiii. Beberapa kali si-bapak yang ngajakin saya konsul ke dokter. Saya aja yang masih ulur-ulur waktu.

Sungguh, Senin yang padat, uhukz. Pulang kerja, makan, mandi, siap-siap berangkat sambil nungguin si-bapak pulang meeting. Mestinya seperti biasa, Senin jatah liburnya. Berhubung ada kunjungan ibu direktur pusat sekaligus acara motivasi untuk staf redaksi, si-bapak mau gak mau liburnya gak full. Ditambah lagi, petang pe malem nganter bini ke dokter, saya dengan segala kerendahan hati minta maaf padanya karena menganggu liburnya *sok resmi.

Berangkat 17.30an , 10 menit udah nyampe lokasi. Alhamdulillah nomer antrian maju satu nomer. Kartu pasien lama saya, diganti yang baru, horeeeh. Dokter yang akan saya temui, her name Dr. Ida Ayu Chandranita Manuaba, SpOg, MM. Review sebentar, teman suami program dengan sodara bu dokter Chandranita berhasil hamil. Malah mo program lagi untuk anak kedua. Sebenarnya, saya juga penasaran dengan dengan sodara bu dokter Chandranita. His name Dr. Ida Bagus Fajar Manuaba, SpOg *nah ketauan sodaraan kan dari nama belakangnya, hehehe. 

Pantauan saya di TKP, masing-masing pasien cukup lama bisa berlama-lama di ruang praktek. Terbukti nomer saya gak dipanggil. Sampe ditinggal si-bapak nge- charge hp di mobil, eh belum ada tuh nomer saya dipanggil.  Harus sabar nunggu kali ya *huuft kipas-kipas. Untung sebelum berangkat udah makan, kalo gak bisa senewen deh saya. Mana saya juga ada kejadian tak mengenakkan. Yaituuuuuu...kunci rumah yang semestinya saya taruh di tempat rahasia, ternyata malah kebawa di tas. Dan berakibat fatal, my bil nelpon ngabarin kagak bisa masup rumah karena kunci tak ditemukan. Yaeyalah kuncinya di tas eikehhh gitu loohhh.  Sempat berantem kecil ma si-bapak, dan ipar nyamperin ke RS untuk ambil tuh kunci.  Kasian juga udah capek-capek pulang kerja masih harus nyamperin kami. Di waiting room, saya sempat diam merenungi ujialn-ujian kecil yang ada ajaaaa. Yang ngantri, yang kunci  ketinggalan, yang sempat ngambek *cari tisu. Uhukzzz. 

Jreng-jreng-jreng, giliran saya tiba juga setelah antri 2,5 jam.  Dokternya masih muda cantik-an dia daripada saya, maap gak penting ya. Kesan pertama yang saya dapat, bu dokter ini seperti yang saya arepin. Yak, kelar saya kasi penjelasan bla-bla tentang kami 3 taon ini, beliau  pun gantian ngejelasin tahapan apa aja yang mesti kami lakukan. " Harus agresif (penanganannya, red) , karena umur ya," tegasnya begitu tau saya udah 30 tahun. Nah yang bikin saya sedikit ciut, saat saya sebut tanggal-tanggal haid setiap bulannya, beliau kasi penilaian kalo siklus haid saya panjang, sama dengan artinya susah diketahui tanggal masa suburnya. Rata-rata haid saya 31 hari, 33 hari, 34 hari. Pernah sih 29 hari. Eh tapi yang saya baca-baca tuh katanya haid 28-35 hari masih normal, jadi garuk-garuuk jidat deh. To the point lainnya, beliau menyebut jika misalnya ada masalah di saluran telur, tahapan proses kehamilan dibantu dengan program bayi tabung. Kepala udah mulai pusing *ketatin ikat kepala.

Lanjut pemeriksaan USG, tidak ada masalah. Cuma saya sok tau nanya gimana kondisi rahim saya apakah retrofeksi, kata beliau iya. Dampaknya? alhmdulillah sih katanya tidak berpengaruh terhadap kehamilan. Okay, saya kemudian diresepkan Fertin 5 biji yang minum selama 5 hari berturut-turut sejak hari kedua haid atau malam itu. Trus tanggal 9 Nov, saya mesti balik kontrol untuk USG transvaginal ngliat kondisi sel telur, untuk ancer-ancer masa subur & proses pembuahan. Bulan depan, jika tidak berhasil saya tes HSG, hohohoo. Waktu saya tanya sakit apa nggak HSG itu, kata bu dokter gak sakit. Semoga deh. Secara ya, saya pasti ngeri di HSG ini. Menurut cerita yang udah pernah, katanya sih sakit. Tapi kalo sakit gitu, artinya-konon katanya saluran telur gak tersumbat alias lancar. Kalo gak berasa apa-apa, saluran telur tersumbat. Gak tau deh mari saya buktikan saja nanti. Ehemm, kapan-kapan kami pun mau sempetin untuk berkunjung ke alternatif yang sempat kami kunjungi itu (posting sebelumnya). Rasanya gak afdol, masak berkunjung sekali minta berhasil, iya gak siiy. Tak mengapa khan, medis dan non medis namanya juga usaha. 

Kata si-bapak , sementara ini kita ikuti aja yang disarankan dokter. Kalo pun kita gak sreg dengan hasilnya suatu saat nanti, kan masih ada second opinion. Agak adem perasaan saya dengar imam saya bilang begitu. Saat ini saya hanya banyak-banyak berdoa, jika misalnya wajib HSG, saluran telur saya lancar kayak jalan tol Singapura-Malaysia. Sungguh hanya itu yang banget-banget saya khawatirin. Smoga kami berdua sehat, kalo pun belum dikasi titipan anak lucu, hanyalah persoalan kesabaran dan waktu saja. Jika misalnya wajib pula melewati semua tahapan program kehamilan, smoga Allah melebihkan rezeki kami. Itu aja. 

Terkirim pula doa untuk  saudara, teman & sahabat yang sedang menunggu junior, smoga Allah mengijabah ikhtiar dan doa-doa kita, amin yra....   

8 komentar:

  1. Sama bu, kami jg sdh membulatkan tekad harus serius konsultasi ke dokter kandungan, sebelumnya hanya sekali konsul, itupun gak ada tes atau minum obat apapun. Makanya pengen coba ke dokter lain. Btw kalian pergi ke dokter kandungan biasa atau ahli infertilitas?

    BalasHapus
  2. Semangat mba... Doa dari sinii ya, smoga berhasil...

    BalasHapus
  3. @aty : maunya mmg lgs menuju ke ahli infertilitas. Nama dokter udah direkomen, tp katanya antrian mesti sabar-bar-bar,yo wes ciut deh. Jadi tahap awal ini kami coba dulu ke dokter diatas. Mudah2an sip siy, krn di RS tempat dokterku praktek itu jg ada kerjasama dengan slh satu RS di Sby (Dr.sutomo kl ga salah ingat) utk program bayi tabung dengan biaya lebih murah. Mmg blm sejauh itu ya membayangkan apa aja yang akan kami jalani. But at least kl mreka punya kerjasama gitu, artinya Insya Allah dokternya juga sip, semoga..

    @Mom Delisha : makasiyy ya mom, amiiiiiiiiiiinnn doanya untukku dan teman2 yang juga sedang berjuang.

    BalasHapus
  4. sabar ya,semoga saat itu akan datang.

    BalasHapus
  5. fighting! Semoga berhasil yaa jen..saling mendoaken *hugs*

    BalasHapus
  6. Baru buka2 blog eh ada cerita baru di blognya mysimplelife.. Trnyata ada nama saya di sinih.. Ihiyyyy jadi kemaluan..eh malu 
    Stiap BW n baca2 crita macam bgini ga prnah tuh yg namanya ga ikutan mewek.. Hikssss kebayang gimana rasanya ada di psisi kaya bgini 
    Tapi apa pun itu, mari kita semangat dan terus berikhtiar tanpa prnah hilang sabar dan sllu khusnudzon sama الله.. Semoga kita disegerakan ikut merasakan seperti mereka2 yg sdh lbh dulu mndapat gelar mulia "ibu"

    Gutlak ya jeung untk programnya kali ini, HSG ga seseram yg dibayangkan kox. *peyuks*

    BalasHapus
  7. asyiiiiiik
    semoga kali ini langsung tok cer ya Jeng

    aku seneng tuh kalo ada spOg cewek

    BalasHapus
  8. Mba, udah lama ga main ke sini, maaaaap ya. Aku cuma bisa bantu doa, semoga dede bayinya cepet muncul di perut Mba Jen ya :)

    BalasHapus

Thank u telah meninggalkan pesan di box ini