Pilih-Pilih Tabungan

KAMIS, 28 APRIL 2011

Baru tadi pagi terima polis asuransi pendidikan yang ditawarkan oleh Sun Life lewat KK BNI 46. Mariii menyisihkan uang tiap bulan untuk membayar preminya. 
Seperti pernah saya tulis diposting sebelumnya, saya ikut asuransi tersebut karena bukan unitlink dan preminya tidak mahal. Disamping itu juga ada cover asuransi jiwa jika misalnya pemegang polis kenapa-napa.

Ehemm glek belakangan ini memang saya jadi merisaukan masa depan. Maksudnya banyak keinginan, tapi masih belum yakin  apakah semua keinginan itu terpenuhi kalo tidak dipersiapkan dari awal-ya iyalahh. Misalnya saja untuk kebutuhan hunian, perjalanan ibadah (umroh/ haji), liburan, tukar tambah kendaraan pribadi, anak (jika sudah dikasi). Selama ini untuk mengcover keinginan skala sedang masih mengandalkan bonus2 dari kantor si-bapak. Tapi perlu juga lah punya tabungan tetap untuk tujuan tertentu yang tidak boleh diotak atik sebelum waktunya tiba*lap jidat*.
ambil dari www.gkisokasalatiga.org

Tadi waktu baru balik dari BNI  bis ada transaksi pribadi, saya tertarik dengan jenis tabungan yang ditawarkan.

Ini contekannya:

BNI Tapenas alias Tabungan Pendidikan Anak Sekolah dari BNI. Eh biar belum punya anak saya rasa gak apa-apa juga kan kita nabung di tabungan tersebut. 
- Setoran bulanan mulai dari Rp 100 rb sampai Rp 5 juta yang dipotong langsung dari rek BNI taplus, taplus utama atau BNI giro yang kita miliki.
- Bunga kompetitif dari tabungan biasa
- Manfaat asuransi hingga Rp 800 juta
- Asuransi otomatis bebas resmi
- Jika terjadi resiko kematian atau cacat tetap  total pada penabung maka setoran bulanan akan dilanjutkan oleh perusahaan asuransi hingga saat jatuh tempo (BNI 46 sepertinya menggandeng perusahaan asuransi untuk tapenas ini)

Ilustrasinya:
misalnya setoran Rp 100 rb perbulan --> tahun pertama = Rp 1.314.990--> tahun ke-18 = 30.317.563
jika setoran Rp 200 rb perbulan--> tahun pertama= Rp 2.538.363--> tahun ke-18 = 60.471.687
Semakin besar premi yang kita bayarkan, semakin besar juga yang kita dapat saat jatuh tempo.
Misalnya premi Rp 500 rb perbulan-->tahun pertama= 6.208.485--> tahun ke-18=Rp 151.340.602
Kalo mampu bayar 5 juta per bulan, bisa 1,5  M cairnya. 

Oh ya untuk jangka waktu yang kita pilih sih tertulis fleksibel dari 2 tahun -18 tahun. Biaya adm per tahun dikenakan Rp 12 ribu. Kemudian tingkat suku bunga 4.50 persen  pa*

Memang untuk macam-macam tabungan maupun investasi masing-masing orang beda penilaiannya. Ada yang suka nabung emas, ada yang suka beli saham, deposito, atau nabung rutin tiap bulan di rekening khusus.

Waduh kalo saya, pernah punya rekening khusus tapi selaluuuu aja terpakai. Huhuhuuuuuu....Tapi bukan berarti ga bisa nabung sih. Saya nabungnya lewat bayar premi asuransi. Pernah sekitar 2006-2008 saya ikut asuransi Cigna karena waktu itu jadi nasabah Bank Niaga. saya ikut di jangka waktu 7 tahun. Di tahun ke-2 saya hentikan tuh asuransi, horeeeee cuma dipotong admin saja,  saya seperti habis narik deposito. Lumayan buat tambah2 biaya nikah. Satu lagi sama tabungan Simponi untuk pensiun dari BNI juga yang dipotong langsung dari kantor. Aturan saya ambil pensiun di umur 50 tahun. Berhubung saya resign , saya cairkan tabungan tersebut. Jujur, bujet nikah  (beberapa item yang saya handle sendiri) terbantu dengan pencairan kedua simpanan tersebut. Tambah-tambah dikit dari simpenan khusus.

Makanya kenapa saya cukup tertarik dengan asuransi-asuransi seperti diatas karena sama aja dengan nabung. Kecuali unitlink ya saya  tidak tertarik apalagi setelah baca2 ulasan oleh para pakar maupun yang pernah ikut. Jujur lagi, akhir thn lalu saya sempet mo ikut, untung masih saya tahan dan dapat pencerahan setelah googling. Jadi batal deh gabungnya, alhamdulillah.

Balik ke review diatas, saya list saja dulu sih. Mudah2an ada kenaikan gaji signifikan si-bapak maupun saya, jadi bisa nambah nabung di tapenas segera *ngarep*. Rencana ambil jangka waktu sekian tahun. Bismillah.


4 komentar:

  1. btw, kemaren ada orang BII nawarin tabungan Mbak, katanya tabungan khusus perempuan gitu. asyiknya...gak ada pajaknya. sip kan??
    aku lupa namanya, tapi bukunya ungu. hehhee
    just info

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sayang di Blora ga ada BII..hehe

      Hapus
  2. @Elsa : aq minder kl masuk BII jeng, abisnya di mind setku tuh bank itu utk segmen high class yg skali nabung bs pe ratusan juta, ga cucok ma aq.Hehehe

    BalasHapus
  3. mba aku jg tertarik tuh sama simpanan2 kaya kaya Tapenas gitu,,,, pengen juga ikutan

    BalasHapus

Thank u telah meninggalkan pesan di box ini