Trip Akhir 2011 : Lombok & Gili Trawangan

RABU, 21 Des 2011

Hyaaaa, eksis lagi hari ini..

Updet terbaruku (meski ga ada yang nanya) ---) masih rajin kontrol ke dokter kandungan, so far hasilnya ga ada yang wrong. Semoga seterusnya. Salah satu wishlist 2011 adalah ini :

Wiken lalu, Sabtu 17-18 Desember 2011 kami berdua untuk pertama kalinya jalan-jalan ke beberapa wilayah NTB--) yaitu Mataram, Ampenan, Senggigi dan Gili (Pulau) Trawangan yang udah kondang buangets itu. Short trip hanya 2 hari 1 malem. Dengan modal 1 ransel aja untuk baju-baju kami berdua.

Sabtu (17 Des) pukul 06.05 start dari rumah naik motor Skywave-Suzuki kesayangan kami dong. Whatss? Iya kita putusin trip kali ini ala bekpeker, dengan biaya semurah-murahnya. Alesan utama naik motor karena biaya naik feri melintas Selat Lombok lebih murah dibanding bawa mobil. Kok tau? Karena beberapa waktu sebelumnya, kami udah survey ke pelabuhan berapa siy tarif penyeberangan itu. Lagian juga no baby jadi gak rempong deh soal transportasi. Saat berangkat ujan udah turun deras dari jam 3an pagi. Jadinya menuju Pelabuhan Padangbai (kab Karangasem) sekitar 1 jam dari Denpasar kami pake mantel ujan. Nekat yaa.

08.05 udah masuk feri dan gak lama kemudian kapal pun jalan. Sebagai info :

Tiket penyeberangan utk kendaraan klas 1 --) Rp 232.000 (lupa nanya kendaraan klas 1 itu apa)

Kendaraan klas 2 --) Rp 101.000 (motor kami termasuk kendaraan klas 2)

Kendaraan klas 3 --) Rp 659.000 (sepertinya mobil kami macam sedan Timor dan sejenisnya; Xenia-Avanza-Taft masuk tarif ini)
di atas feri di selat Lombok

Begron belakang suka banget--Padang Bai Karangasem

Penyeberangan 4 jam bo..hohohoooo kesampean juga melintasi Selat Lombok. Cuaca berawan dan perjalanan menyenangkan, gitu juga ombaknya gak gitu kerasa (mungkin karena pagi). Selama 4 jam kami suka duduk-duduk di balkon Feri daripada duduk di ruang tunggu dalem. Oya tersedia juga bed, free untuk tiduran.

12.00 mendarat dengan selamat. Yuhuuuuu Lombok kami datang. Kami langsung meluncur menuju Mataram, kira-kira 1,5 jam dari Pelabuhan Lembar.Tak lupa photo-photo dong di gerbang bertuliskan Lombok Barat ( biar ga hoax kalo nyetatus tapi gak ada buktinya-eaaaaa). Sepanjang perjalanan tuh kami liat banyak Masjid, memang Lombok ini religius banget, di mana-mana liat yang perempuan berjilbab,yang laki pake sarung-songkok.
Gerbang Lombok Barat

Oke, sampe Mataram, putar-putar kota nglewati Mataram Mall sambil mata jelalatan mencari resto Taliwang. Udah niat banget kami harus mencoba ayam taliwang langusng dari tempatnya, meski ayam Taliwang ini sebenarnya asli Taliwang, Sumbawa-bukan pulau Lombok ! . Mata pecicilan liat kanan-kiri sambil buka hp googling resto si ayam Taliwang di Lombok.
kantor DR 1

Kami sempat berhenti di depan kantor Gubernur-tetepp untuk keperluan narsis. Bis itu nanya ke tukang parkir di mana Resto 2EM Bersaudara –jalan Transmigrasi (hasil googling ya ini). Dikasi tau arahnya lantas meluncurlah kami sesuai petunjuk.
Menu makan siang :

Ayam taliwang Rp 33.000 (sepiring isi 4 potong jadi cukuplah untuk berdua)

Nasi putih (ya iyalah emang mau dimakan pake roti) Rp 10.000 dua porsi

Tahu 1 porsi Rp 15.000 (ternyata isi 4 potong ukuran cukup gede-bagi kami)

Minum standar es teh-es jeruk
Resto Taliwang 2EM Bersaudara-Mataram

Saat pesanan kami disajikan, selain sambal kecap untuk cocolan tahu dan lalap timun, juga disertakan sambel beberug-kata mbak-mbak waitress berjilbab. Menurutku beberug mirip  terung mentah yang dipotong kecil-kecil dan dicampur sambel. Rasanya tawar, tapi asyik juga. Mungkin ada yang tau apa beberug itu?

Total jenderal makan siang Rp 75.500--) standar ya biaya makan segini ato ada yang lebih murah lagi?

Kesimpulan rasa : standar aja (masih lebih enak di resto ayam Taliwang Denpasar yang pernah kami coba)

Perut kenyang, geber motor lagi menuju tujuan utama kami G i l i T r a w a n g a n. Berbekal petunjuk kasir resto 2EM kami ikuti arah keluar kota Mataram. Kemudian belok kanan lurus masuk kota Ampenan. Sepanjang jalan, ngeliat masjid aja rasanya di tiap radius kurang dari 1 km. Ampe keceplosan lah mulut saya ini bilang “ e buset tiap 100 meter ada mesjid ,” . Eh ternyata tak kalah keponya laki eikeh alias si-bapak nyaut “Emang banyak yang sholat? “, hehehe ----^------

Khawatir salah, beberapa kali di lampu merah kami tanya pengendara lain arah Sengigi. Iya kalo mo ke Gili Trawangan, pasti nglewati pantai Sengigi (bekal googling sebelumnya). “ Iya ini jalannya, lolos trus,” kata mereka. OO untuk istilah lurus itu lolos tho...*catet di kamus.
KM 8 Senggigi

Masuk arah Senggigi, sebelah kiri tersaji pemandangan laut. Jalanan cukup lengang. Kondisi jalan berkelok-kelok seperti naik gunung. Jadi kita bisa  liat pantainya dari atas. Di km 8-seterusnya, banyak hotel bintang lima dan 1 art market. Kami sempat berhenti di hentian (sepertinya lokasi paling oke) untuk ngeliat pantai Senggigi. Di situ banyak turis lokal foto-foto view Senggigi. Berhenti sebentar terus lanjut aja. Kenapa sedikit buru-buru, karena takut kesorean gak dapat perahu untuk menyebrang ke Gili Trawangan.

Warning, jika udah masuk kawasan Senggigi, sebaiknya kendaraan full tank. Karena sepanjang Senggigi hingga masuk pelabuhan Bangsal tak ado SPBU. Tapi kalo bensin eceran banyak kios-kios di jalan yang jual (kami beli bensin eceran disitu-lantaran tanki tinggal dikit isinya). Kondisi kendaraan juga harus okay, karena kalo misalnya ban bocor tak ado pula tambal ban.

Dari Senggigi ke Pelabuhan Bangsal (pelabuhan untuk menyeberang ke Gili Trawangan) jauh juga ya boo. Mungkin ada 60km-an. Alhamdulillah cuaca gak terik jadi nyaman aja pake motor, pinggang juga tumben gak pegel linu LOL.

Jam 3an masuk pelabuhan Bangsal. Nitip motor di penitipan. Sehari semalam tarif Rp 10 ribu (untung gak diitung per jam).

Jalan dikit ke arah perahu sandar langsung ditawarin tiket nyebrang. Per orang Rp 10 ribu. Penumpang udah menuhi kuota jadi gak pake lama nunggu-perahu langsung go. Info lagi, kalo mo lebih eksklusif liburan mewah bisa carter speedboat tarif sekitar Rp 370 ribu sekali jalan. Nah kalo yang bayar 10 ribuan itu yah kita terima ajalah duduk bareng sekitar 25 penumpang (tergantung besar-kecilnya perahu) plus campur keranjang sayur mayur, telor, ikan, (duuuh untung gak ada yang bawa durian-baunya diriku tak tahan) mungkin itu warga lokal sana. Bule-bule juga banyak yang pilih naik perahu.

Perjalanan naik perahu motor ditempuh 30 menit. Busyett krasa banget diayun-ayun ombak. Ngeri juga siy. Perahu miring ke kanan, kiri. Bule perempuan sampe bilang ke suaminya,” so scary”. Tapi juru mudinya asyik-asyik aja. Kata penumpang yang duduk disebelah si bapak bilang, ombaknya ini gak seberapa. Pernah lebih gede malah. Langsung blingsatan mataku liat ada pelampung apa kagak. Syukur alhamdulillah tersedia. Udah deg-deg an aja siih. Tapi sempat tarik napas tenang tiket 10 ribu itu udah include asuransi jasa raharja (penting buat saya) ya naudzubillah jangan sampe ada apa-apa.

Jam 4 an mendarat dengan selamat di Gili Trawangan. Saat menuju ke Gili Trawangan ini, yang pertama kita liat Gili air, kemudian yang di tengah Gili Meno. Dua gili atau pulau itu lebih kecil dari Gili Trawangan yang merupakan Gili terbesar.
Sore Hari di Gili Trawangan

Abis turun dari perahu kami jalan masuk ke arah jalan utama belok kiri sambil cari-cari penginapan. As you know di Gili Trawangan no kendaraan bermotor. Untuk transportasi, bisa naik cidomo (dokar ukuran kecil), atau sewa sepeda. Kalo kami, memutuskan untuk ngesot aja *irit. Gili trawangan bebas polusi polutan, tapiiii belum terelakkan dari aroma tai kuda, hehehe (tenang kotorannya gak tercecer di jalan kok). Masuk gang gak terlalu lebar, di kanan kiri ada homestay, villa. Kalo villa, pasti kami gak nginep disitu. Bujet terbatas boow. Eh pas lagi liat-liat ada yang nawarin, mas-mas. Homestay gitu. Kami masuk ke dalem, liat-liat dan memutuskan untuk bermalam disitu ---) The Quiet Water Park, nama homestaynya. Kami ambil yang ---)
penampakan room
Depan Homestay kami
Mirip Kuta-mirip Sanur, but this is Gili Trawangan

Rate Rp 175ribu semalam (howreeh murah) ini pake fan. Kalo AC Rp 200rb. Kami no AC aja, secara juga di rumah udah paling canggih nyalain fan, hehehe. Welcome drink kami minta dibikinin teh aja ma masnya yang merangkap penjaga homestay, gardener, sekaligus waiter (tapi sepertiny masih sodaraan ma owner-nya kali ya, sok tau).

Kamarnya menurut kami juga oke & bersih. Lay out ranjangnya-nya juga asyik. Ada TV, dan mini bar. Cuma gak air panas & swimming pool gitu aja (gak ada critanya murah tapi lengkap kan..*minta getok palu). Overall yah cucok lah untuk sok hanimun kere ala kami. Penginapan yang kami sewa ini Cuma punya 4 kamar. Sepertinya aturan untuk homestay, 4 kamar aja.

Abis mandi dan sholat, kami walking-walking sore. Ke arah dermaga untuk ambil pic papan ucapan Selamat datang Gili Trawangan (lagi-lagi biar gak dikira hoax lah). Turun ke pantai, nongkrong-nongkrong bentar sampe hampir maghrib. Balik ke kamar, sholat, trus keluar lagi untuk cari makan malem. Ngggg, merasakan pantai ini, mirip banget ma pantai Sanur, hehhee.

Di sepanjang jalan utama, banyak resto oke, jadi makan sambil liat pemandangan pantai. Keren & romantis. Harga makanan juga standar kisaran Rp 30ribu-Rp 50ribu. Gak mahal lah untuk ukuran bule. Saya penginnya dinner disitu. Makan sambil ditemani lilin romantis dan menghadap laut. Tapi jadi inget kalo makan mesti pula mikirin halal-haramnya (semenjak jadi jamaah @halalcorner, hehhehe) saya putusin untuk makan malem di kaki lima pasar senggol nya aja. Eh banyak bule makan di pasar senggol itu rupanya.

Pesan nasi goreng ayam suwir lengkap krupuk ikan Rp 12rb per porsi (lebih murah lagi...) seporsinya banyak banget , saya sampe terengah-engah menghabiskannya. LOL.

Abis makan jalan-jalan aja, dan duduk-duduk di depan The Villa Ombak (villanya kereen ampe mupeng pengen nyebur ke kolam renangnya). Nah di depan The Villa Lombak ini, ada restonya, pas live music nya mulai. Nebeng dengerin deh. Gak lama gerimis, kami balik ke kamar. Jam 20.30an saya udah tewas !.Meski jam 3 pagi kebangun dan laper, minta dibikinin popmie ma si-bapak. Sekilas info, The Villa Ombak dipunyai oleh salah satu pengusaha Bali asal Makasar-mantan promotor Chris John.

Buat yang suka diving, snorkling, Gili Trawangan memang surganya. Peminat bisa ambil paket untuk kegiatan tersebut. Berhubung saya gak bisa renang ples gak minat liat kehidupan bawah laut, jadi udah cukup hepi bisa tau Gili Trawangan itu seperti apa.

Minggu (18) jam 8. Udah mandi trus ditawarin mo sarapan apa, pancake atau eggs diapain gitu (lupa). For breakfast kami pesen banana chocolate pancake, ma kopi. Hihihihi sebenarnya gak nyangka dengan rate segitu dapet BF juga. Disajikan di kursi bambu gede, jadi bisa makan santai. Eh dapet ekstra buah pula.
Sarapan santai, di samping kamar

Kelar sarapan, kami kemudian check out. Nyampe dermaga ke loket pesan tiket lagi. Harga tetap. Oh ya kalo mo ke Gili Meno dan Gili Air tiketnya lebih murah cuma Rp 8ribu. Nunggu penumpang sesuai kuota kami duduk-duduk di dekat pantai dan foto2 lagi. Gak lama ada pengumuman perahu mo berangkat. Perahu kali ini lebih besar dari kemarin. Kapasitas 35-40 penumpang. Perjalanan tetap 30 menit.
Begron Cidomo
Tarif naik cidomo

Sayangnya begitu mendarat di pelabuhan bangsal, disambut hujan deras sehingga harus lari-lari sambil basah-basahan menuju tempat penitipan motor. Masih syukur alhamdulillah gak ujan pas di tengah laut, pasti lebih gede kan tuh ombaknya.
Siap-Siap pulang berperahu
diatas perahu

Karena ujan sepertinya bandel, kami lanjut aja perjalanan kembali ke Mataram dengan guyuran ujan deras & dibalik mantel. Alhamdulillah sempat reda saat kami berhenti di Pandanan untuk foto-foto berlatar Senggigi dan dikejauhan terlihat Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

Di km 8 Senggigi, memutuskan untuk mampir ke toko oleh-oleh di situ. Awalnya siy no bujet for oleh-oleh. Tapi tetep ya, bepergian gitu gak bawa buah tangan rasanya gimana gitu.

Nglewati Ampenan-singgah di aerpot lama Selaparang, nglewati Mataram (lagi) dan bablas arah Lembar. Makan siang di depot anugerah (udah di luar Mataram) dan pesen ayam taliwang lagi. Kali ini lebih enak dari yang kemarin loh. Padahal depotnya biasa aja, tapi ayam taliwangnya endess banget, sambelnya mantep. Seporsi Rp 25ribu aja dan isi beberapa potong ayam ukuran lebih besar. Sempat ngira gak bakal abis, eh tandass juga karena saking enaknyooooo.
Erpotnya udah pindah ke Lombok International Airport

Masuk kapal sekitar pukul 3 sore, dan kapal jalan pukul 03.30. Mendarat di Pelabuhan Padang Bai sekitar pukul 9 malam. Perjalanan pulang ini ujan deres banget. Sempat pula ada drama ban motor depan pecah dua kali di Lombok & Karangasem, sehingga harus ganti ban dalam baru. Hohoho. Tapi pas banget, pecah ban pas deket-deket bengkel motor.

Mulanya untuk acara pulang ini, kami santai aja. Namun karena si-bapak ngantor malem, jadi kita kejar waktu. Rupanya udah ga nutut pula, jadi deh tuh si-bapak nelpon ke kantornya ngasi tau gak bisa nge-desk karena masih di jalan.

Begitulah cerita wiken kami di penghujung tahun 2011. Really Adventure ? maybe. Sebenarnya pengen juga mengunjungi beberapa tujuan wisata di Lombok seperti pantai Kute, Banyumulek (kerajinan gerabah), sentra mutiara, sentra songket, kampung Sasak dsb, mengingat waktu terbatas, jadinya yang utama aja didahulukan. Barangkali ada duit & cukup waktu ingin kembali lagi.

Kesimpulan pribadi tentang Lombok :

1. Kotanya tenang

2. Religius (terbukti dimana-mana ada baliho gede bertuliskan “ Selamatkan Generasi Muda dengan Mengaji Maghrib), dan masjid dimana-mana --) salut

3. Resto Taliwang tidak banyak kami temukan ---) apa kami aja ya yang gak bisa cari

4. Bangunannya relatif kuno, terutama di kota Ampenan

5. Warganya ramah,seperti di Bali-lah

Kesimpulan pribadi tentang Gili Trawangan :

1. Suasana tradisional (karena gak ada kendaraan) dan internasional (seperti kampung bule)

2. Musik di resto ato bar gak terlalu ingar-bingar seperti Kuta-Bali, cocok buat yang pengen ketenangan.

3. Air asin, kalo mandi seperti mandi air laut. Sepertinya semakin malam air semakin asin (apa feelingku aja yah)
4. Swimming pool villa & hotel terletak di bagian depan, jadi kalo renang keliatan dari pinggir jalan.

Tarif transport &rate kamar di Gili Trawangan

1. Naik Cidomo keliling Gili Trawangan seluas 3 km2, 3 orang Rp 125ribu

2. Sewa sepeda pancal 1jam Rp 15ribu, 1 hari Rp 50 ribu

3. Rate kamar kisaran Rp 100ribu up

Rincian 2 Hari satu malam utk akomodasi & transportasi (tdk termasuk makan& oleh-oleh) :
Bensin Bali-Lombok pp Rp 49 ribu saja
Tarif penyebrangan motor Padang Bai- Lembar Rp 101 ribu
Tiket nyebrang ke Gili Trawangan Rp 20 ribu
Penitipan motor Rp 10ribu
Homestay Rp 175ribu
Tiket nyebrang kembali ke Pelabuhan Bangsal Rp 20ribu
Tiket nyebrang Lembar Lombok –Padang Bai Bali Rp 101 ribu
Tambal ban + ganti ban dalam baru Rp 55 ribu
Total pengeluaran 2hr-an ini kurleb Rp 1jutaan.

(hyaa maap sengaja rinciannya kumplit- ya sapa tau ada yang butuh info liburan murah ke Lombok), bujet transportasi diatas start dari Bali yaa. Kalo luar Bali, silakan hitung sendiri.