Februari yang menguras hati

21 Feb 2012
Bertemu lagi di hampir penghujung  Februari...
diawali dengan beberapa kabar gembira di pertengahan Januari lalu; kbr sodara dan teman yg lagi hamidun-alhamdulillah. Ikut senang-semoga aura hepi itu jg segera terjadi padaku amin yra.

Kisah kali ini masih membahas tes apa aja yang telah kami lakukan-tentu saja sehubungan dengan akhir Januari yang diriku masih belum hamil, jadi mau tak mau step pemeriksaan ditingkatkan.

Sadar diri juga, selama Jan itu aku stress karena di sekolah ngadain even-miting hampir tiap hari-lembur pe maghrib blum lagi kena marah bos-huaaaahuaaa deh. Gimana jadi baby kalo kondisi lagi seburuk-buruknya gitu (cari pembenaran).

Sesuai jadwal dari obgynku, kamis (4/2) suamiku tes analisa sperma di lab prodia. Tes tentu saja atas perintah dokter obgyn-ku. 

Seperti yang pernah kubilang-bahwa aku akan fair menuliskan di sini dan tentu saja seijin si-bapak. Hasil tes yang keluar sore itu hasilnya tidak menggembirakan alias bukan normospermatozoa. Ada istilah medisnya untuk kasus yg dialami si-bapak yakni OAT (silakan di browsing sendiri). Tentang hasil tes si-bapak, mulanya aku cuma share dengan  mereka kuanggap paling dekat; mamaku, kedua adik iparku alias adik ipar n suaminya yang ke2-2nya perawat, dan temanku curcol @elevenmay n @astyNNS. 

Trimakasih untuk support nya yang menguatkan dan membuat kami tetap optimis. Adik ipar bilang itu bisa dinormalkan-ada temannya yang juga pernah mengalami hal yang sama-eh abis operasi sekarang anaknya udah dua. Gitu juga asty yang ikut browsing-dan hasilnya ada testimoni bisa sembuh. Saat buka hasil tes, berasa seperti buka raport. Deg2an tapi sambil ketawa-ketiwi. Yang parah suamiku ituuh-dia gak berani ambil tes-walhasil di sore yang mendung itu saya mesti sendirian ke lab prodia utk ambil raport-nya hehehee. Mana dari pagi my hubby udh stress duluan pe bolak-balik diare pe sore. Kasian kan.

Sehari dua hari manusiawi kali ya kalo kami berdua sempat kepikiran. Tapi ya sudlah show must go on kan-kita mikirin ke depannya aja. Suamiku akhirnya stop total ngerokok. Dulu sempat aku posting tentang rokoknya yang udah berhenti eh tapi lanjut lagi.

Oke- hari senin (6/2) giliranku untuk tes HSG. Hari ke 10 hpht. Untung paginya udh bersih ga flek haid. Karena minggu nya tuh masih flek. Heran siy wong biasanya 7 hari udh kelar. Kayaknya ikut nerves jg mau tes. Jam 1 kurang udh di RS Manuaba. Minggu malamnya sempat conform ma dokter radiologi yang akan menangani tes HSG ku itu. Diminta minum obat pereda nyeri yang udah diresepkan sebelumnya.

Jam 1an dipanggil masuk ruang radiologi, setelah sebelumnya diminta pipis dulu. Trus ganti baju terusan kimono dan tentu saja gak pake daleman. 


Sempat risih juga karena asisten bu dokter radiologi ini laki boow. Wes berhubung udah niat cuek ajalah hehehe. Masih syukur asisten ga ikutan masuk2in kateter n cocor bebek ke propertiku huhuhuuu. Tapi sumpah ya, saat hsg yang aku jalani itu bener-bener kayak posisi mau lahiran. Kaki ngangkang sempurna-terus alat2 dimasup2in. Gak liat alatnya kayak apa sih-gak keliatan dari posisiku yang telentang. Cuma berasa geli dan aneh saat dokter permisi masukin alat katanya namanya cocor bebek. Lanjut kateter kecil dan brasa ada cairan mengalir masuk. 

Saat cairan masuk-brasa mules, seperti mules haid. Kebetulan aku kalo haid jarang brasa apa2, kecuali lagi capek banget itu baru berasa mules ga enak. Setelah semua alat di dalem, bu dokter n asistennya masuk ke ruangan kotak kecil mungkin untuk motret kali ya. Tau deh. Gak lama bu dokter bilang-udah selese, tapi aku gak boleh gerak dulu katanya kalo hasilnya ga bagus dia mau ambil foto untuk posisi lain. Syukur alhamdulillah aku dinyatakan ga perlu ganti posisi. Udah cukup posisi telentang itu aja. Kalo ga salah di forum2 ada yang pernah harus posisi miring kanan-kiri gitu.

Baring-baring sepuluh menitan sambil nungguin hasil foto rontgen nya kering, baru dikeluarinlah alat2 yang di propertiku. Selese.  Aku yakin hasilnya bagus-karena bu dokter bilang gak ada masalah. Bis itu nunggu di ruang tunggu tentu saja untuk nunggu hasil resminya dikeluarin plus bayar2annya.

Ada 2 foto rontgen yang aku gak ngerti gimana baca n liatnya-mesti nunggu komen obgyn. Namun yang bikin aku pengen nyebur kolam saking senangnya adalah saat baca hasil tes yang tertulis kesimpulan : kedua tuba paten.
Total biaya tes hsg plus farmasi (obat2an) siang itu Rp 781 ribu (dompet tinggal recehan).

Dalam satu hari itu, dari siang pe malam kami wara-wiri di RS tersebut, ketemu 3 spesialis. dari dokter radiologi, Obgyn, hingga urolog untuk konsul hasil tes yang udah kami jalani. Bener-bener deh (ya Allah paringi sabar).

Menghibur diri sendiri-ga papa deh bayar mahal asal hasil bagus. Apalagi demi tes tersebut aku juga bela2in ijin ga kerja. Malah akhir Jan pe awal Feb itu  lmyn byk ijinnya demi program. Dan untuk urusan pribadi  ini aku udh sempat bilang ke hrd-kalo aku lagi program hamil.

Pr kali ini adalah konsentrasi untuk tritmen si-bapak. Udah konsul ke ahlinya dan sementara dikasi resep obat tribestan, santa E, lumayan juga sekali nebus resep 500ribuan. اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَلَمِيْ,,,,, untuk resep suami dibayarin asuransi ktrnya. Mudah2an kondisinya segera bisa oke-amin yra. Terimakasih utk tmn2 yg slalu ngasi support n mendoakan baik di blog, bbm, bbg, twitter, ym, sms. Kasi kembang satu-satu. 

Kata dokter urolog, penyebab OAT ini banyak banget. Misalnya kebanyakan pake celana ketat, dan beberapa lainnya. Mungkin juga kebanyakan olahraga (si-bapak dulu atlit sepakbola di kampungnya) Dan memang saat waktu single dulu, si bapak udah di diagnosa gejala varikokel (penyebab OAT). Sayangnya pengobatan saat itu cuma sekali, karena udah merasa sembuh.

Oya, setelah merenung kilat-akhirnya aku memutuskan untuk resign dari kerjaan per 11 Februari lalu. Sepertinya aku perlu konsen untuk program kehamilan ini-disamping pula ada beberapa pertimbangan pribadi lain.  Mungkin aku akan istirahat selama 1 hingga 2 bulan.  Setelah suami selesai operasi, aku mau cari kerjaan lagi-atau mo buka usaha aja dari rumah (smoga diberikan mana yang terbaik).

Tanggal 13 Februari kita mudik ke tempat suami. Mau coba alternatif dan minta second opinion ke dokter bedah yang direkomen ipar di RS tempat mereka dinas. Dan hasilnya, kata dokter bedah tetap harus operasi.

Sekarang ini kita masih ngebandingin biaya operasi di beberapa rumah sakit. Mudah2an siy bisa dicover asuransi kantor suami-karena besar juga biayanya kisaran 3-7 juta rupiah (tergantung RS-nya) . Insya Allah Maret nanti operasinya-karena mesti atur waktu cuti dimana suami lg pegang even tahunan juga Feb hingga pertengahan Maret . Plus ngumpulin duit sapa tau harus bayar sendiri. Ooo seandainya ada sekarung duit jatuh dari langit, hihihihi.

Begitu banyak hal yang terjadi di Februari ini, mudah-mudahan kami bisa melalui ujian kali ini dengan baik, sabar  dan bisa mengambil hikmah. Semoga pula rencana Yang Maha Kuasa lebih indah dari apa yang kami inginkan. Amin yra.

4 komentar:

  1. Hi mbak, baru kesampean balesin ninggalin jejak.
    Semoga sukses ya usahanya. Moga2 semuanya lancar, including biaya ditanggung semua *amin* Yang penting ga putus asa berdoa :)

    BalasHapus
  2. Ya Allah gak nyangka Yen perjuanganmu luar biasa, semoga Allah bener-bener mengijabah doamu di tahun ini, amin YRA.
    Bener katamu, yg penting fokus ke pengobatan dan program ini, gak usah dipikirin hal-hal yg lainnya. Tetap semangat!

    PS: Kurangi nonton infotainment terutama berita ttg YS & RA, cuma nambahin stres aja. hihihi...

    BalasHapus
  3. @Mama Andra : amiiiiiin, tengkyu doanya jeng. Tengkyu juga udah maen-maen kesini.

    @Asty : Hohoho bener deh jeng, aku merasa perjuangan kali ini cukup berat. Mungkin buat yang lain, belum ada apa-apanya.
    Bener juga, dooh jauh-jauh nonton brita dua seleb itu, mana aku gampang stress lagi, hahaha...

    BalasHapus
  4. amiiiiiiiiiiiiin aaaaaaaamiiiiiiiiiiiin
    semoga bener bener diparingi sabar extra besaaaar
    dan sebentar lagi ada hasilnya
    amiiiin

    BalasHapus

Thank u telah meninggalkan pesan di box ini