Cuci Mata ke Ubud

SABTU, 21 MEI 2011

Tanggal merah Selasa (17/5) atau 4 hari lalu kami isi dengan jalan-jalan. Hehehe setengah hari aja sih pelesirnya. Malemnya, si-bapak mesti kerja, karena jatah libur tetapnya tiap hari Senin aja. Udah dari kapan kepengen ke Ubud, baiklah hari selasa pagi itu kami bertiga meluncur ke sana ; me, si-bapak and my mom. Pengennya sih berdua aja gitu, lha pas hari minggu my mom nelpon, hr Senin siang mo meluncur ke tempat kami, katanya kegiatan di sekolahnya cuma setengah hari aja. Yeaahhh masak nolak kan gak enak ya, hihihiii. Jadilah selasa itu kami jalan bertiga.

Jam 9-an, si-silver yang dikemudikan si-bapak  udah membawa kami menuju arah Gianyar. Lumayan sepi, padahal hari-hari sebelumnya jalanan full ma bus pariwisata. Asli seperti mo pergi kemanaaaa gitu. Fresh banget jadinya. Apalagi lewat Celuk, sentra kerajinan perak. Kanan-kiri art shop khusus si perak itu. Bikin seger mata, meski gak mampir beli. 

Tujuan pertama pasar seni Sukowati. Mo hunting lukisan titipan teman my mom. Minta lukisan bunga mawar. Keluar masuk stan benda seni pe khusus stand lukisan gak nemu yang dimaksud. Ada satu jam lebih muterin tempat belanja seni itu pe lumayan gempor, tapi sure terhibur banget. Si-bapak akhirnya beli hiasan dinding lafal Allah dan Muhammad yang ditulis di sehelai kulit kambing berbingkai kayu. Cantik. Bungkus. Kaget juga ada yang jual pernik muslim itu, hehehe.

Belum terlalu siang, meluncur ke arah Ubud. Sepanjang jalan asyik nikmati pemandangan yang udah lama banget sepertinya saya gak kesana. Masuk desa Mas-Ubud kagum liat patung-patung bikinan warga setempat. Trus kerajinan mebel, galeri lukisan, art shop. Memang orang Gianyar ini pada nyeni semua. Hehehe.

Sampai deh di Ubud. Suka banget disini. Suasana kayak Kuta. Selain pasar seni Ubud, juga ada butik tas luar negeri, bar, resto, hotel, money changer,  and ahahhaha ada Starbucks Coffee. Baru liat ada si kafe ijo itu. Kirain cuma di Kuta aja *malu lumayan lama gak up date kemajuan  Ubud*. Numpang foto-foto aja di depannya. Kapan-kapan pengen dong ngopi-ngopi di Starbucks Coffee Ubud just me and him , talk about each other *kumatt lebay*.

Jalan beberapa meter, kami mampir ke Puri Saren Ubud. Persis di depan pasar seni Ubud. Ada beberapa turis menikmati puri megah itu.  Puri ini seperti keraton-tempat tinggal bangsawan Bali. FYI, bupati Gianyar Tjokorda Oka Artha Ardana Sukowati (Cok Ace) berasal dari puri tersebut. Suami Happy Salma merupakan keponakan pak bupati Gianyar. Kalo gak salah, mereka melangsungkan pernikahan di puri itu. Pas kami kesana, puluhan (mungkin ratusan) karangan bunga duka cita untuk meninggalnya ibu kandung pak bupati Gianyar berjejer. Heheheh saya berpose juga disitu. Karena nama si pengirim bunga orbek (petinggi negeri) semua *LOL*. Kata Satpol PP penjaga puri tersebut, jenasah almh. akan di Palebon (Ngaben) 17 Agustus. Kalo palebon keluarga Puri begitu pasti Ngaben besar dan selalu menarik. Ribuan turis akan datang menyaksikan.

note ; pic msh di hp, ini sy ambil dari web. Tapi persis sama spt yg saya kunjungi. Lokasi Puri Saren dan Starbucks Coffee berada dalam satu jalur.
Puri Saren Ubud diambil dari www.world-travel-photos.com

tampak samping si kafe ijo ambil dr www.travelfish.org

Buat temen-temen yang pengen liat pertunjukan tari Bali, di Puri Saren juga digelar pementasan. Maaf lupa gak inget hari apa aja dan jamnya (ada di papan pengumuman). Per orang dikenakan Rp 80 ribu. Pasti akan menjadi pengalaman menyenangkan kalo nonton tarian Bali di istana raja seperti Puri Saren. Ingin menikmati Ubud dengan wisata air ? bisa banget. Di Ubud banyak yang menawarkan Rafting atau Arung Jeram menyusuri sungai Ayung sejauh 10-15 km. Seru abis. Saya pernah nyobain sekali paket rafting dari Sobek Adventure, sumpah bikin nagih !.

Cuaca cukup panas, kami lanjut lagi muterin Ubud. Sempat beberapa kali si-bapak salah jalan. Muter deh jadinya. Sebagai info tambahan, kawasan Ubud ini menjadi salah satu favorit turis asing. Mereka yang gak suka hiruk pikuknya Kuta, biasanya memilih nginep di Ubud. Terutama turis sepuh yang butuh ketenangan. Kalo di Denpasar, turis sepuh cari ketenangan di kawasan Sanur.

Jam makan siang, kami lewatin aja. Seperti pengalaman sebelumnya kalo ke Ubud mesti susah cari tempat makan. Khususnya yang halalan thoyyiban. Memang banyak sih resto disana. Ada menu bebek, menu khas Bali atau lainnya. 
Eh ada sih warung padang, dulu pernah nyobain tapi gak sip di lidah . Jadinya, kami kemarin memutuskan untuk late lunch di Denpasar saja. Toh sekitar 30 menit udah sampe.

Begitu cerita liburan saya. Menyenangkan meski setengah hari aja. Di perjalanan pulang, kami ganti sibuk membahas liburan ke Lombok. Hohohooo maunya ber2 aja, tapi dalam hati ingin pula membahagiakan ortu dengan mengajak mereka serta. Insya Allah deh kalo ada rezeki.


3 komentar:

  1. suka iri deh sama Mbak jeni yang tinggal di pulau dewata
    kayaknya kalo lagi suntuk dikit aja, obat nya gampang. tinggal jalan jalan sebentar, gak jauh jauh... pasti udah fresh lagi

    Ubud itu, kesannya menenangkan ya Mbak

    BalasHapus
  2. Elsa bisa aja... tp mmg bener sih, kl mo ngilangin suntuk bagi kami yg udah di Bali gak perlu ampe bermodal byk.
    Betul Elsa, Ubud itu tentrem ayem makanya disukai turis2 trutama yang udah sepuh.

    BalasHapus
  3. huwaaaa,,,, paradise island ga ada habis tempat indahnya,tulis trus ya jeng ttg Bali indahmu

    BalasHapus

Thank u telah meninggalkan pesan di box ini