Persiapan Libur Nyepi (1)

SENIN, 7 FEBRUARI 2011


Bolak-balik melototin kalender, nungguin tgl 5 Maret. Yippiiiieeeee mo jln2 ke luar Bali dari tgl 3 Maret. Jadi gak ketemu deh ma No Electricity, No Tv, and no-no yg lain. Perginya sih gak jauh-jauh, ke Jawa Timur aja. Mulanya sih pengen banget ke Lombok. Berhubung pas Maret itu ada acara keluarga ya sutralah ke Jatim aja. 

Saya beberapa kali merasakan Nyepi live dari Bali . Di hotel pernah, dengan status bekerja sebagai waitress. Waktu itu masih klas 2 SMA, dpt OJT di Hotel. Wiiiihhhh capekkkk banget melayani semua tamu yang gak bisa kemana-mana. Dari pagi pe ketemu pagi lagi, melayani makan mereka. Memang sih, kami waktu itu dapat room gratis. 2 malam. Tapi capeknya itu loh, wkwkwkwkwzzz.... kapok deh. Mending dilayani daripada melayani, lho-lhooo ????...

Trus saat kuliah di Jogja, otomatis gak pernah ikut merasakan Nyepi. Cuma dpt crita dari my mum and dad.

Next, merasakan Nyepi lagi saat kerja jadi wartawan. Pas Nyepi, dapat penempatan di rumah sakit Sanglah meliput aktifitas disana. Untung bareng2 dengan rekan dari media lain. Saya masih inget diposin berdua ma fotografer koran saya. Nguplek di area rumah sakit aja. Zona jelajahnya, dari lobi, ruang2 pasien sampe kamar jenasah. 
Tidurnya, di ruang tunggu lobi, gak pake kasur cuma beralas kursi besi. Sama kepala IRD-nya disuruh pindah ke ruang dokter, tapi gak kuat dengan dinginnya AC hehehee norak ya... Senangnya kalo tugas pas Nyepi gitu, dapat sangu khusus dari kantor. Padahal cuma sehari semalam ajah. Makan dapat gratisan dari RS. Ya lumayan tuh, uang saku saya buat belanja bekal cemilan buat nemenin Nyepi masih sisa banyak. Berangkat ke lokasi itu H-1  nyepi, pokoknya sblm jam 12 malem. Jadi bisa liat arak-arakan ogoh-ogoh dulu.

Trus, pernah pula ikut Nyepi di tempat pacar yang sekarang jadi si-bapak. Kalo disana, suasana Nyepi malah gak berasa. Aktifitas berjalan seperti biasa. Karena satu kampung muslim semua. Tapi gak boleh main jauh2 karena beda kampung, pemeluk Hindu semua yang notabene lagi khusyuk Nyepi. 


Pengen merasakan Nyepi di Bali, monggo aja. Buat pengalaman loh.  Cuman kalo yang baru pertama kali ya pasti lumayan kaget tuh. Asli jalanan sepiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii dan gelap, tak satupun boleh lewat. Jangankan jalan, bandara juga stop penerbangan. Para pecalang, semacam polisi desa pada giliran jaga di pos2 yang ditentukan. Kecuali yg sakit butuh ke rumah sakit ato ibu2 mo melahirkan, diijinkan melintasi jalan pake ambulan or kendaraan pribadi. Namanya juga emergency .Oya jika  nginep di hotel, tetep gak boleh kemana-mana. Hanya bisa di area hotel aja. Malah sekarang ini kalo gak salah, tv kabel jugak gak boleh siaran. Sebelum2nya kan tv nasional aja yang gak boleh. 

Di rumah pun kalo ketauan ada sinar tv, wah pasti langsung kena tegur pecalang tuh. Jadi bener2 no activity. Gimana kalo Nyepi jatuh pada hari jum'at? ini pernah kok, dan yang muslim mo jumatan tetap bisa beribadah tapi gak boleh naik kendaraan, jadi jalan kaki dan mencari mesjid terdekat dari rumah. Juga gak ada bunyi pengeras suara. Anteng bggt pokoknya.
Nah, yang seru sih H-1 Nyepi. Ato biasa disebut Pengerupuk. Di hari itu, sorenya ada pawai ogoh-ogoh di jalan. Maisng-masing banjar atau desa, bikin ogoh2 dengan biaya patungan. Serem-serem penampakan ogoh2 ini. Dari ukuran gede yang biayanya bisa pe jutaan pe yang ukuran kecil. Intinya sih untuk mengusir roh jahat. Setelah diarak rame-rame, trus dibakar.
diambil dari 7wolu.blogspot.com


Buat yang mudik, biasanya siang hari udah berangkat. Untuk menghindari macet karena arak2an Ogoh-Ogoh itu. 

Yang gak ketinggalan, di H-1 itu, semua supermarket ato tempat belanja lain pasti ada penumpukan pembeli. Padet-det persis kayak belanja lebaran. Uuuugghhhhhhhhhh harus ekstra sabar ngantre di kasir deh kalo udah memutuskan ikut belanja di H-1 ini. Biasanya belanjaan buat persiapan Nyepi esok harinya ; susu bayi, cemilan, soft drink, bahan makanan.

Trus yang non Hindu, nyepi dimana ? ya dirumah masing2. Ato kalo pengen praktis, bisa pilih Nyepi di hotel aja. Banyak hotel, hampir semua malah menawarkan paket Nyepi. 3 hari 2 malam.  Jadi udah check in di hotel sejak H-1.

Buat kalangan bisnis, semua order baik dari udara maupun dikirim lewat perjalanan darat diselesaikan beberapa hari sebelumnya. Lagi-lagi ini sih untuk menghindari agar barang tidak tertahan di pelabuhan atau bandara. 
Seruuu dan unik banget sih Nyepi ini. Hanya ada di Bali dan satu2nya di dunia. Bayangkan berapa banyak penghematan bahan bakar minyak di hari itu.

yang harus dipersiapkan jika pengen menikmati Nyepi di Bali :
-stok bahan makanan kurang lebih 2 hr, termasuk camilan. Utk hari H dan H+1 karena pasar gak mgkn langsung buka pagi2 setelah Nyepi, begitu jg swalayan
-stok bahan bakar alias elpiji buat masak
-stok obat-obatan
-stok bahan bacaan,untuk pagi-siang-sore, malam mending tidur aja khan gelap
-stok pulsa hp dan modem, kecuali pake speedy hehehee

Kalo yang pengen Nyepi di hotel, point2 diatas boleh diabaikan beberapa. Biar gak boring di dalam kamar aja, pagi pe sore nikmati semua fasilitas hotel. Oya, jika datang dari luar Bali khusus untuk pengen nikmati suasana Nyepi, pastikan semuanya oke sebelum tiba. Gak mau khan tertahan di bandara karena udah gak ada taksi sama sekali, misalnya. Lebih baik datang H-1 pagi or siang, biar bisa nonton arak2an Ogoh-Ogoh.


7 komentar:

  1. waaah aku baru tau nie...thanks info-nya.
    Btw tny ya ktnya klo nginap dihotel bole menikmati fasilitas hotel...klo ada kolam renang barti kita bole renang dong or?

    BalasHapus
  2. ya boleh jeng, malah dipersilakan. Biar ga rugi, smua fasilitas bisa dimanfaatkan full, hehehe. Dalam area hotel aja ya, kl mlipir keluar bisa2 ditangkap pecalang deh...

    BalasHapus
  3. Hmmm...kayaknya aku males liburan ke Bali kalo lg ada Nyepi, hari lain aja deh, hehe...

    BalasHapus
  4. @Asty ; sekali-kali perlu dicoba loh, cuma sehari semalam aja kok *pdhl yg nyaranin ini jg kabuuur ga tahan, wkkkkkkk*

    BalasHapus
  5. gw bentar lagi ke bali pas nyepi, gk di sengaja sich! soalnya pas booking gk liat hari libur, tapi tak apalah pengalaman, btw masih bisa gerak kan di dalam lingkungan hotel, gk perlu diem di kamar terus?

    BalasHapus
  6. Hai yayu, enjoy nyepi di Bali ya... kl aktifitas dlm lingkungan hotel dibolehin, asal gak keluar hotel. Seru loh bs ikut merasakan Nyepi...

    BalasHapus
  7. iya keren banget!!!
    satu satunya di Dunia itu lhooo

    BalasHapus

Thank u telah meninggalkan pesan di box ini