Our Vacation, East Java Trip From Bali

KAMIS, 10 Maret 2011

Ya udah berlalu seminggu deh liburanku.... Masih kurang sebenarnya, hehehe disyukuri aja sih bisa libur bareng dengan si-bapak dan my fam.

Day 1, Kamis 3-3
Start dari rumah my parents di Tabanan. Satu mobil isi 4 orang, me and si-bapak, my mum and pap dan absolutely barang bawaan Wkkkkkkkkk ini yang ga tahan karena lumayan banyak. Berangkat jam 7 pagi singgah sebentar ke rumah mertua di Jembrana karena satu jalur arah pelabuhan Gilimanuk.
diatas feri Gilimanuk-Ketapang
pamer sandal jepit

Jam 11 udah berlabuh di pelabuhan  Ketapang- Banyuwangi, Yes East Jawa We're Coming.... Yang senang di perjalanan tuh nikmati suasana terus berhenti sholat ma makan. Tempat istirahat sholat kita pilih di daerah Banyuwangi, ada SPBU gede lengkap ma musholla, dan gazebo istirahat (kami berdua makan nasi bungkus disitu berasa musyafir deh) Mum dan Pap pilih ngopi2 aja karena udah sarapan dari rumah.

Makan siang terpaksa molor jam 3an, mom pilih makan sore ini di RM Rawon Nguling di perbatasan Probolinggo-Pasuruan, dah deket nyampe rumah kami.
Ini depot, terkenal dan punya cabang yang di waralaba-kan. Menu utamanya rawon. Orang-orang top sepertinya banyak yang mencicipi rawon tersebut, salah satunya pak presiden SBY waktu lagi kunjungan kerja.

Masih Day 1, nyampe rumah kembaran saya pas maghrib di Pandaan. Mandi istirahat, ngobrol, sholat, nemuin sepupu yang dateng ma calon tunangannya . Trus tereeeeeeeeeeeeeeeet kami berdua cap-cus pilih jalan2 malem ke daerah dingin Tretes
Awalnya, mo ngajak fam bermalam di villa, tp mom dah capek banget. Mana besoknya mesti prepare lamaran sepupu alias keponakan my mom. Yo wis kebetulan, akhirnya hanya saya dan si-bapak plus satu temen kami -anak asli sana- yang check in di villa. FYI, rumah asli kami ada di radius 10-12km dari situ.

Dapet villa Ramayana dengan view menghadap air terjun Putuk Truno. Karena malam, cuma dengar gemericiknya aja. Paginya baru dehhhh bisa liat tuh air terjun. Villa Ramayana ini kayak kompleks gitu. Di dalemnya ada beberapa villa lagi. Nah yang kami tempati namanya Teratai. Ada 3 kamar, dapur, ruang tamu -si bapak ma teman kami ini semaleman karaokean disitu hehehhe. Asli berasa bulan madu. Sayang, Tretes ini menurut saya udah ga dingin lagi, jauuuuuuuh beda ma dulu. Apa karena sudah padet ya penduduk dan hotel, villa, kali ya. Pokoknya masih dingin -banget Bedugul Bali, ma Puncak loh sepertinya. Yang senang si-bapak, saya juga sih kl di Bali kan pemandangan-nya banyakan laut-pantai. Nah ini dikelilingi gunung. Yakni Penanggungan, Wilis, Arjuno. Oya rate per malem murmer banget. Only Rp 300 rb dah dapet 1 rumah gitu , tp ga termasuk tip trimakasih pada yg mencarikan villa ini ya.
di Villa Ramayana Tretes

di halaman villa
view belakang kami itu air terjun Putuk Truno, sedikit terhalang pagar. Tp keliatan kok water fall-nya yg warna putih itu
turun dari kawasan tinggi tp gak dingin

Day 2, Jumat 4-3
Menghabiskan sisa waktu di villa. Karaokean pagi, hunting sarapan, dan foto2. Siangnya buru-buru turun mengejar sholat Jumat. Balik deh ke pos pertama, rumah kontrakan kembaran saya.
Kelar si bapak sholat, lanjut saya ajak silahturahmi ke rumah lama kami. Ketemuan ma tetangga lama depan rumah kami dulu, ziarah ke makam alm.kakek saya (dari mom) . Memang orang meninggal udah putus dengan dunia, tapi saat ziarah itu saya bicara sendiri kepada alm kakek, mengenalkan si-bapak a.ka. cucu menantu alm. Hehehee.

Eiya yang sedih, tahun ini kami harus melepaskan rumah lama kami alias dilego, terharu baca papan tulisan "dijual" di tembok rumah. My parents udah gak mungkin balik kesana lagi, secara udah betah di Bali. Tuh rumah bertahun-tahun dikontrakin sejak kami pindah ikut tugas pap. Dan diputuskan tahun ini mo dijual aja. Sayang sih . Tapi gimana lagi,  kembaran saya juga gak mau nempati. Rumah pertama kami itu luas banget, ada 5 kamar gede2. Halaman depan -belakang. Mobil 2 bisa masuk. Total luas 3 are lebih. Mungkin kalo di Jakarta hampir semilyar harganya. Berhubung ada di kota kecamatan, ya agak susah ngangkat harga.
Lanjut sorenya, keliling-lagi. Menculik sepupu saya buat jalan2. Pdahal besoknya dia mo acara lamaran dan my mom yg jadi penerima lamaran, hihihihiiiiiiii. Kami putar-putar Taman Dayu, dan makan-makan di food court-nya.  Di Taman Dayu ini selain ada lapangan golf, juga kompleks perumahan dan sekarang dilengkapi fasilitas food court, kolam renang, arena bermain anak.
Lanjut ketemuan sahabat saya di rumahnya, trus tengah malam, kami masih nongkrong nikmati suasana.
di Taman Dayu food Court, pic jelek keliatan mangkok kosong aja (isi asli mangkok ini adalah bakso cak man malang)
Day 3, Sabtu 5-3
Mengunjungi Sidoarjo dimana disitu adalah tempat kelahiran saya, ada om-tante, sepupu, keponakan. Gak lupa ngajak ziarah si-bapak ke makam alm mbah kakung-mbah putri (ortu papa) dan almh.budhe. Kompleks makamnya dekat alun-alun Sidoarjo.

dgn keponakan, pinjam becak nganggur buat pose
di galeri batik tulis tresno Bangkalan
ma ponakan lagi... gemesinnn

Kelar di Sidoarjo, tancap gas ke Surabaya rame-rame silaturahmi ke pakdhe-budhe (kakak my mom). Ketemu sepupu dan ponakan yang lucu-lucu. Kelar dijamu lunch, geber
gas pol iring2an 2 mobil  ke Suramadu, untuk pertama kalinya buat saya melintasi jembatan Suramadu. Eh ma kakak sepupu saya plus istri dan anak  ini kami  diajak lanjut ke Bangkalan kota dan belanja batik tulis di galeri batik Tresno dan kaus khas madura disana.

Acara ke Madura ini dipungkasi dengan wiskul Bebek Sinjay. Bebek goreng dengan sambel pedes mangga muda. Ehemmmm sayang, sambelnya dikiit banget, jadi saya merasa kurang.

Trus keliling Sby bentar, mampir belanja t-shirt khas Surabaya di Cak-Cuk. Balik ke Sidoarjo nge-drop sepupu saya, and balik ke base camp. Siap-siap packing balik ke Bali.

Day 4, Minggu 6-3
Masih males-malesan. Tapi harus segera balik ke Bali. Berangkat jam 8an pagi, ini masih singgah di rumah mantan anak kos rumah kami dulu. Baru lanjut ke Bali. Yang sebelumnya berangkat ber-4, pulang tinggal 3 karena pap msh tinggal  disana.
Sesuai jadwal mestinya, malem dah sampe rumah. Ternyata oh ternyata, kena antrian arus balik Nyepi di pelabuhan Ketapang. Ada 3,5 jam kita ngntre masuk kapal.

Day 5, Senin 7-3
Jam 1an mlm dah masuk Bali, OMG ada ujian kesabaran. Karena jalur itu lumayan rusak, ban mobil kena deh. Kempes. Tengah malam bo' kita terpaksa berenti karena si bapak mo ganti ban. Dan ya ampun cek bebicek gak cuma 1 ban yang kena, tapi 1 lagi ban juga trouble.  Gimana mau gantiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii....cuma bawa 1 ban serep.  Ya sutralah nunggu pagi, kita putusin bermalam di mobil. Untung pas brentinya itu di kawasan rehat kalo gak, misalnya nih mobil mangkrak tengah jalan bisa2 semaleman ga tidur jagain dan kasi sign ke kendaraan lain.
Alhamdulillah paginya, ada yang nganterin cari bengkel. Ganti ban. Alhamdulillah lagi, nih pemilik bengkel canggih mau nyamperin kami. Coba kalo mesti dorong, tidakkkkkkkkkk ada 3km an dari bengkel ke lokasi mobil kami. Bisa gempor dong !

Hohhhoooooooo bersyukur berulang kali masih ada sisa duit di dompet buat accidentil itu. Memang Tuhan baik sekali. Jam 11 siang nyampe rumah, makan tidur, stlh sblmnya sms bos minta izin nambah 1 hari ga masuk karena kendala di jalan.

Begitulah crita liburan kami............

note ; bbrp menu yang udah terencanakan malah ga kesampaian karena keterbatasan waktu....