Ngatur Rp

  RABU 20 OKTOBER
     Saya paling seneng baca2 info tentang artikel keuangan.  Ilmu yg saya dapet byk lah. Selain suka baca2 artikel keuangan di blog, saya fans Safir Senduk. Lantas bagaimana dgn saya?  Pastinya ingin lebih baik lah dlm manaj keuangan , hehehe.  Sekarang ini lagi kepikiran dan niat bgtt mo invest logam mulia.  Rencana dlm waktu dkt, nyicil koin emas di Pegadaian aja. Ga banyak-banyak, yg penting rutin tiap bulan yg sumber dananya diambil dr gaji saya dan gaji si-bapak. Bismillah. Utk tabungan jangka panjang siy, jd kalo bisa saya usahakan spt duit ilang aja, gak diinget-inget.  Ada 2  plan dgn tabungan logam mulia ini. Apa saja itu ?  tdk baik lah saya sebut,  pamali gt. Wes, smoga tercapai saja. 

     Yang penting terlaksana dulu nyicil emasnya, dan rutin. Kalo ada rejeki lebih, bisa ditambah cicilannya. Investasi lainnya, saya sih masih mikir2. Maksudnya lagi mikir darimana lagi ya sumbernya, hehehe. Karena, saya harus punya jaga2 cash yg sewaktu-waktu kalo ada kebutuhan darurat bisa diambil. Tapi doa saya, smoga smua aman-aman saja lah. Untuk biaya operasional ; kebutuhan sehari-hari, cicilan rutin ,charity,  kebutuhan lain, dan cadangan dana darurat  Alhamdulillah tercover gaji si-bapak. Sedangkan income saya, sebenarnya bisa bebas saya apakan saja.

 Selain disimpan dlm bentuk “sesuatu” yang pasti bermanfaat kelak , saya investasikan pula utk ansuransi jiwa di B*********, yang preminya per 3 bulan, charity,   dan sisanya saya nikmati utk entertain dan hobi .  Gak banyak sih nilainya, yg penting bs mengapresiasi diri. Oya, soal asuransi jiwa ini, baru atas nama saya, sedangkan suami udh di back up dari perusahaan. Thanks to Mam.  Kadang mama saya suka mbayarin asuransi saya ini loh. Emang siy yg ngenalin asuransi ini mama saya, sejak kecil malah. Dan yg saya ikuti ini, mama juga yg daftarin. Dan otomatislah narik duitnya si mbak asuransi ke rumah mama.    Tiap mo hari pembayaran premi, mama pasti ngingetin, jadi saya bisa siap2 duitnya.  Kecuali, mama saya lagi ada rejeki, pasti tuh gak pernah ditagih ke saya “ Udah mama yg bayar,” katanya gitu. Hahaha masak ditolak ya…

      Oya, ada satu kegiatan ekonomi lagi yg saya lakukan. Sejak setaun lalu, saya coba merintis usaha bareng sahabat kecil saya. Tepatnya, sahabat saya yg tinggal di Jatim  ngajak saya bisnis kecil2an. Saya yg pasok barang pesenannya.  Awal-awal, pesenannya masih satu jenis aja. Lulur Sekar jagat. Kemudian saya hunting, satu brand lagi, dan brgnya malah tambah lengkap. Khas bali juga. Saya tawarin, ternyata customer dia banyak yg suka. Jadi jualan kami lebih variasi sekarang ini. Dari lulur, sabun, parfum, ratus, dan banyak lagi. Seneng bangett !.  Hingga satu taon ini bersyukur lancar ga ada halangan. Market nya pun depan mata, alias tmn2 ktnrnya, salon dan kenalan2nya.  Rata-rata tiap minggu saya mesti trima orderan dr dia. Ke depannya, saya berharap bisa maju lagi. Saat ini, mo promo gede saya blum berani. Takut ga bisa ngelayani. Kan masih side job critanya. Lain kalo misalnya saya tekuni total. Pun begitu, seumpama ada progress bagus (amiin), ya saya mesti taroh orang utk ngurusi bisnis ini. Mengurus orderan ini saya kerjakan selepas jam kantor. Dari hunting barang, packing. ampe masukin ke ekspedisi. Kadang kalo suami ada waktu, suka bantuin juga packing dan ngirim ke ekspedisinya.
Sementara, yg saya dapet dr side job ini, harus saya syukuri bisa memberikan hasil yg lumayan, meski blum besar.

     Mudah2an bisa kenceng lagi nabungnya, ga kena godaan setan yg terkutuk (haish), smua aman terkendali Insya Allah, karena taon 2011 tmbh byk keinginan. Kalo bukan kami yg mewujudkan, emg bisa minta tolong Aburizal Bakrie, gakk kannn…


2 komentar:

  1. Kunci manajemen keuangan memang cuma 1 ya: disiplin :). Salam kenal, mampir nih lagi blogwalking :).

    BalasHapus
  2. yap betul mbak Rita. Yp penting displin! salam kenal juga ya, tq loh udh mampir

    BalasHapus

Thank u telah meninggalkan pesan di box ini